Tuesday 9 August 2011

Mengenal Sepintas tentang Iktikaf (I'tikâf)




Hadis Iktikaf
  • Hadis dari Abdullah Ibnu Umar, Aisyah menyebutkan bahwa Rasulullah iktikaf selama 10 hari terakhir bulan Ramadan. Nabi terus melakukannya setiap bulan Ramadan hingga wafat. Nabi melakukannya di dalam masjid. (Fathul Bari/4:805 & Sahih Muslim/8:66-70).


Ayat-Ayat Iktikaf

Janganlah kamu campuri mereka (isteri-isterimu) itu, sedang kamu beri'tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, Maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa. (QS. al-Baqarah/2:187)

Dan (ingatlah), ketika kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. dan Telah kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang ruku' dan yang sujud". (QS. Al-Baqarah/2:125).

Makna Iktikaf dan Caranya


  • I’tikaf adalah salah satu cara yang dilakukan dengan berdiam diri untuk bertafakkur dan berdzikir di masjid.
  • Iktikaf merupakan bagian dari tahapan-tahapan mujahadah (usaha sungguh-sungguh) untuk mendapatkan dan menggapai hidayah dan ridha Allah swt. (QS.29:69)
  • Ada 4 tahapan mujahadah yaitu;
  1. mengasingkan diri(uzlah),
  2. berdiam diri (ash-shumtu),
  3. berlapar diri (al-ju’),
  4. dan tidak tidur malam  (as-sahur).
  • Keempat tahapan ini telah tercakup dalam bulan Ramadhan dan khususnya dalam I’tikaf.

Fikih Iktikaf
  • Lelaki beriktikaf di masjid. Menurut Imam Syafii: perempuan tidak boleh iktikaf di masjid. Menurut Imam Hanafi perempuan boleh beriktikaf di masjidnya sendiri (pribadi). Menurut pendapat Imam Hanafi yang lain dan Imam Ahmad Bin Hanbal perempuan boleh beriktikaf di masjid dengan syarat bersama suaminya (Fathul Bari Bisyarhi Sahihil Bukhari, vol. 4, hlm.810, bab al-i’tikaf)
  • Menurut saya perempuan boleh beriktikaf di Masjid.

Ayang Utriza NWAY

No comments: